Pengertian prefetch Pada Windows

Mungkin teman-teman sudah sering dengar alkisah tentang prefetch, tapi masih meraba-raba dalam gelap mencari pengertian dan fungsinya. Sorry ya bagi yang sudah expert, bukannya sok menggurui apalagi sok pinter, cuma bagi-bagi ilmu, bagi teman-teman yang punya ilmu lebih boleh tuh bagi-bagi.


OK, prefetch merupakan folder yang mengandung (bukan hamil ya) file-file yang berfungsi untuk mempercepat loading program-program, di mana windows me-load program sebelum kamu membutuhkannya.

Tapi jangan salah, prefetch itu seperti hitam dan putih, selain bisa membantu mempercepat sebaliknya bisa juga membebani kinerja windows dengan banyaknya link-link yang perlu di load kompie, akibatnya bukannya tambah cepat malah jadi lelet kayak uler keket.

Jadi gimana dong, dihapus atau biarkan saja file tersebut? Jika kompie kamu memiliki RAM lebih kecil dari 512 MB prefetch malah bikin lambat, hal itu juga bergantung bagaimana cara kita menggunakan kompie, jika kamu sering menggunakan aplikasi yang sama alias mempunyai pekerjaan rutin dalam menggunakan kompie, maka prefetch akan sedikit membantu mempercepat kinerja windows. Namun sebaliknya, jika kamu tipe orang yang doyan utak-atik atau install berbagai software maka prefetch akan jadi beban bagi kompie kamu, so hapus aja frend.

Intinya, prefetch itu kembaran dengan cache pada processor atau winamp agent pada aplikasi winamp pertama kali diinstall, prefetch berfungsi men-save cache dari aplikasi dan akan diload pada saat start-up windows. Mau tahu bagaimana cara menghapus prefetch?

Caranya gampang saja, coba buka Explor > Windows > Prefetch.
Nah km hapus saja tuh file yang ada didalamnya, tapi foldernya jangan dihapus, cukup file file yang ada didalamnya doang, terus restart komputer / laptop km, lihat hasilnya.....

0 { ADD KOMENTAR }:

Search