Keberadaan UN Masih Diperlukan


Rabu, 2 Juni 2010 16:40 WIB Yogyakarta, (tvOne)

Meskipun banyak suara yang meminta agar pelaksanaa Ujian Nasional (UN) dihapuskan, namun Wakil Presiden Boediono tampaknya tidak sepakat. Saat berdialog dengan para siswa SMA/SMK/MA/Mts se-DI Yogyakarta, ia menegaskan bahwa keberadaan UN masih diperlukan. Boediono mengatakan, UN dibutuhkan untuk menyamaratakan standar mutu pendidikan nasional.
"Saya sudah mendapat laporan dari Menteri Pendidikan Nasional tentang proses pelaksanaan, hasil dan kegunaannya. Dan saya berharap Ujian Nasional (UN) masih diperlukan," katanya, seperti dikutip Antara, Rabu (2/6).

Boediono menyatakan, hanya dengan pelaksanaan UN maka dapat diketahui sekolah mana yang sudah sesuai standar dan belum. "Jika ada sekolah yang belum mencapai standar, maka kita bantu apakah fasilitasnya, tenaga pengajarnya. Jadi, kita bantu. Tujuannya bukan untuk menghukum," katanya.
 Menurutnya, melalui UN maka Indonesia dapat menetapkan mutu pendidikan yang dapat bersaing dengan standar internasional. Ia menyatakan bahwa pemerintah juga akan terus melakukan perbaikan dalam proses penyelenggaraan UN.

Ia mengakui, masih ada persoalan dalam pelaksanaan Ujian Nasional namun bukan berarti harus dihapuskan. "Proses penyelenggaraan itu kan teknis, tetapi secara prinsip Ujian Nasional harus tetap diberlakukan, untuk menyamaratakan standar mutu pendidikan nasional," ujarnya.

Kalo menurut pendapat kalian gimana dengan masalah ini....?????

0 { ADD KOMENTAR }:

Search